Friday, April 10, 2015

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Posted by Unknown at 6:47:00 PM
Ubi jalar termasuk deretan makanan bergizi di dunia. Ubi jalar mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin A hingga 400%, serta mengandung banyak serat dan potasium (kalium). Sayuran ini juga mengandung gula alami lebih banyak dibandingkan dengan kentang, namun lebih banyak mengandung nutrisi secara keseluruhan dengan kalori yang lebih sedikit.

Manfaat kesehatan yang terdapat dalam ubi jalar:
  • Memperbaiki kadar gula darah bagi penderita diabetes: U bi jalar dianggap sebagai makanan dengan skala indeks glimik yang rendah, dan penelitian terbaru menunjukan bahwa ubi jalar dapat mengurangi episode gula darah rendah dan insulin pada penderita diabetes. Dikarenakan serat dalam ubi jalar juga dapat membuat perbedaan yang besar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah. Sedangkan penderita diabetes tipe 2 mengalami perbaikan pada kadar gula darah, lipid, dan insulin. Sebuah ubi jalar ukuran sedang menyediakan sekitar 6 gram serat (termasuk kulitnya).
  • Mencegah kanker: Di antara pria-pria muda, makanan kaya beta-karoten dapat memainkan peran protektif terhadap kanker prostat, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health’s Department of Nutrition. Beta-karoten juga telah terbukti mampu mencegah atau menghambat perkembangan kanker usus besar pada orang-orang di Jepang.
  • Meningkatkan kesuburan: Untuk wanita usia subur, mengkonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman dinilai baik untuk meningkatkan kesuburan, menurut Harvard Medical School Harvard Health Publications. Vitamin A dalam ubi jalar (dikonsumsi sebagai beta-karoten kemudian dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh) juga penting selama kehamilan dan menyusui untuk sintesis hormon.
  • Untuk kesehatan mata: Menurut para ahli, kekurangan vitamin A menyebabkan segmen luar fotoreseptor pada mata semakin memburuk dan merusak penglihatan normal. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, diperlukan asupan vitamin A yang tinggi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin tersebut serta makanan yang tinggi akan beta-karoten. Sebagai tambahan informasi, vitamin C dan E dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.
  • Membantu meningkatkan imunitas: Makanan seperti ubi jalar yang tinggi akan vitamin C dan beta-karoten dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari kombinasi kekuatan nutrisi keduanya.
  • Membantu mengurangi inflamasi: Koln merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam umbi jalar. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, gerakan otot, proses belajar, serta daya ingat. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu penyerapan lemak, serta mengurangi inflamasi atau peradangan.

0 comments:

Post a Comment

 

Artikel Kesehatan © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor