Wednesday, April 8, 2015

Manfaat Buah Strawberry Bagi kesehatan

Posted by Unknown at 7:18:00 PM
Siapa sih yang gak kenal buah yang satu ini??? Strawbery banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan makanan seperti selai, jeli, permen, sirup, es krim, bahkan obat-obatan. buah strawberry juga enak jika dikonsumsi langsung. Sama halnya seperti buah lainnya yang berwarna cerah, strawbwry juga kaya akan antioksidan. Buah strawberry mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan, serta dinilai efisien dalam mencegah berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat strawberry bagi kesehatan:
  • Menjaga kesehatan mata: Alasan utama tehadap hampir semua permasalahan pada mata yaitu akibat radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Dengan semakin bertambahnya usia serta kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata. Beberapa antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid terdapat juga dalam strawberry, dimana dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait dengan katarak dan degenerasi makula.
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan: Strawberry mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung dalam strawberry dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.
  • Anti inflamasi: Srawberry mengandung senyawa kimia Fenol, yang bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, aterosklerosis dan asma dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen. Namun, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.
  • Anti kanker: kombinasi antara  antioksidan dan sifat anti inflamasi yang ditemukan dalam buah strawberry diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini dikarenakn kandungn yang didalamnya seperti vitamin C, folat, dan flanoid.
  • Menjaga kesehatan tulang: Mangan yang terkandung dalam strawberry diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Dikarenakan, kandungan dalam strawberry seperti kalium, vitamin K, dan magnesium dalam strawberry juga penting bagi kesehatan tulang.
  • Manjaga fungsi Otak: Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.
  • Menjaga kekebalan tubuh: Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan jantung: Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment

 

Artikel Kesehatan © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor