Friday, April 10, 2015

Cara Alami Meredakan Diare

Posted by Unknown at 1:52:00 AM
Diare pada dasarnya merupakan sebuah kondisi dimana tinja berubah menjadi cair atau lembek. Mengalami diare 2 hingga 3 kali dalam setahun termasuk normal. Penderita diare umumnya hanya akan mengalami diare selama beberapa hari saja, namun pada sebagian orang, ada pula yang menderita diare kronis. Mereka biasanya menderita beberapa sindrom iritasi usus besar atau memiliki beberapa jenis penyakit usus besar yang membuat organ tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab diare
Penyebab diare pada seseorang cukup bervariasi, hal ini dikarenakan efisiensi organ juga bervariasi pada setiap orang. Namun, sebagian besar orang yang terserang diare umumnya dikarenakan hal-hal berikut:
Keracunan makanan karena bakteri
  • Alergi
  • Penyakit virus
  • Efek samping dari radiasi
  • Penyakit usus
  • Efek samping dari obat-obatan
  • Kanker
  • Penyalahgunaan narkoba
  • Penyalahgunaan obat pencahar
  • Alkohol
  • Diabetes
  • Operasi

Jika terkena diare, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Alternatifnya, anda bisa meredakannya dengan beberapa cara alami. Namun juga perlu diingat, ini hanya informasi dan tidak menggantikan nasihat para ahli. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan diare, diantaranya yaitu:

Minumlah banyak cairan
Ketika seseorang mengalami diare, dia harus menjaga dirinya agr selalu tetap terhidrasi. Dalam setiap kasus, penderita diare umumnya kehilangan banyak cairan tubuh akibat tinja berair berlebihan sehingga tubuh perlu pengganti cairan, agar fungsi organ didalamnya dapat berjalan dengan baik. Air putih merupakan salah satu pilihan yang terbaik yang dapat dikonsumsi penderita diare. Namun sebagai selingan, anda juga dapat mengkonsumsi teh jahe karena juga bermanfaat bagi sistem pencernaan. Anda juga dapat mengkonsumsi jus buah seperti halnya apel. Dikarenakan buah ini mengandung pati, sehingga tidak disarankan untuk mengkonsumsinya langsung secara utuh, karena kemungkinan akan membebani saluran pencernaan. Karena itulah buah apel lebih baik dibuat jus. Demikian pula dengan jus wortel, dimana minuman ini kaya akan vitamin dan nutrisi, sehingga membantu menjaga kadar gizi tubuh tetap baik. Pilihan terbaik lainnya yaitu mengkonsumsi jus jambu biji. Dikarenakan, jus jambu biji dipercaya baik untuk dikonsumsi pen derita diare. Buatlah jus sendiri dengan menggunakan buah utuh, bukan membelinya dalam bentuk kemasan yang selama ini banyak ditemukan di swalayan. Alih-alih dalam menggunakan gula, karena lebih baik tambahkan madu pada jus yang anda buat.

Mengkonsumsi makanan yang tepat
Banyak orang terkena diare dikarenakan mengkonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh pada saat itu. Maka, untuk meredakannya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Diantaranya:
  • Yogurt: merupakan makanan yang baik dalam mengatasi diare, namun cobalah mengkonsumsi yogurt yang memiliki kultur bakteri aktif, dimana yang sering dijumpai adalah lactobacillus acidophilus, serta Bifidobacterium yang mudah tersedia di pasaran. dikarenakan yogurt dapat membantu bakteri baik di dalam perut untuk melawan salah satu penyebab diare dengan memproduksi asam laktat sendiri.
  • Jahe: merupakan salah satu sumber utama kesehatan. jahe dapat diparut ataupun dipotong kecil kemudian langsung dikunyah, namun anda juga dapat membuat jahe sebagai minuman (wedang) hangat yang nikmat untuk dikonsumsi. Apabila ingin menambahkan sesuatu yang manis, lebih baik jangan menggunakan gula, namun gunakanlah madu.
  • Kentang: Ketika seseorang menderita diare, biasanya disarankan untuk meningkatkan asupan makanan seperti kentang, akan tetapi jangan mengkonsumsinya dalam bentuk di goreng (kentang goreng). Kentang lebih baik diolah dengan cara direbus. Dikarenakan, dengan menggoreng kentang, maka kadar gizinya akan berkurang. Maka, untuk itu cobalah mengkonsumsinya dalam bentuk rebusan dengan garam ataupun merica secukupnya.
  • Wortel: Merupakan sayurang yang kaya akan nutrisi. Mengkonsumsi wortel dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari ditumis dengan sedikit minyak ataupun direbus kemudian langsung dikonsumsi. Tidak hanya itu, wortel juga dapat dibuat sebagai jus. Sebaiknya, tingkatkan mengkonsumsi wortel selama diare, ada kemungkinan kondisi diare yang dialami akan segera mereda. Wortel mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh usus agar menjadi lebih sehat dengan cepat. Mengkonsumsi wortel setiap hari juga dapat membuat sistem pencernaan anda bekerja dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

 

Artikel Kesehatan © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor