Saturday, September 10, 2016

Mengenal Faktor Penyebab, Gejala, Serta Penanganan Sinusitis

Posted by Unknown at 12:45:00 AM
Jumpa lagi dengan kami di http://artikelkesehatanalami23.blogspot.co.id/ yang memberikan berbagai info kesehatan untuk anda. Untuk kali ini akan membahas tentang sinusitis.


Sinusitis merupakan inflamasi atau peradngan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Sinus yaitu rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkit tanpa memandang umur.

Gejala Sinusitis

  •         Sakit kepala
  •         Nyeri pada bagian wajah serta terasa sakit ketika ditekan
  •         Hidung tersumbat/berair
  •         Kehilangan indera penciuman
  •         Batuk-batuk
  •         Demam dengan suhu 38 derajat celcius atau bahkan lebih

Letak sinus pada bagian tubuh manusia

Sinus membuka lubang pada hidung serta membantu mengendalikan suhu, serta kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Terdapat 4 pasang sinus di kerangka kepala manusia di antaranya yaitu, di belakang dahi, di kedua sisi pada batang hidung, di belakang mata serta di belakang tulang pipi. Lendir atau mukosa yang dihasilkan oleh sinus, mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini dapat terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.
Penyebab sinusitis
Virus

Virus merupakan penyebab sinusitis yang paling sering terjadi. Virus yang menyerang dapat menyebabkan influenza serta virus yang berkembang dalam rongga sinus yang kemudian akan membuat jaringan di sekitar rongga sinus mengalami pembengkakan. Kondisi ini yang kemudian akan menyebabkan lubang yang seharusnya menjadi jalan udara malah tidak dapat digunakan. Karena itulah pada tahap ini biasanya gejala yang timbul lebih mirip dengan influenza.
Alergi

Gejala sinusitis yang disebabkan oleh alergi hampir sama dengan influenza atau sinusitis yang disebabkan oleh virus, hanya saja, biasanya bersin dan hidung berlendir langsung terjadi ketika bertemu dengan pemicunya, seperti halnya bulu binatangm serbuk sari kembang, udara, suhu, dll.
Bakteri

Bakteri merupakan salah satu jenis penyebab sinusitis yang paling jarang ditemukan. Namun, kondisi terkena bakteri yang mengenai jaringan atau bagian tubuh tertentu dapat memicu komplikasi yang dapat membuat sinusitis muncul. Beberapa jenis bakteri penyebab sinusitis yang paling sering ditemukan di antaranya Streptococcus pneumonia dan Haemophilus influenza. Kedua jenis bakteri ini sebenarnya sering menyebabkan infeksi pada paru-paru serta saluran pernafasan. Namun, komplikasi yang sering muncul juga dapat menyebabkan sinusitis.
Polusi udara

Polusi udara yang berasal dari sisa bahan bakar kendaraan, debu serta bau yang terlalu menyengat memang dapat merangsang iritasi hidung. Kondidi ini dapat menyebabkan hidung menjadi berlendir, batuk, serta peradangan yang membuat reaksi sinusitis. Hal ini merupakan penyebab yang sangat umum dan biasanya tidak terlalu diperhatikan. Banyak orang yang tahan dengan udara tersebut, dikarenakan mereka tidak mengetahui jika partikel debu serta bahan kimia ternyata telah masuk ke saluran pernafasan dan menyebabkan peradangan pada rongga sinus.
Polip

Merupakan sebuah jaringan kecil yang jinak dan tumbuh dibagian hidung atau jaringan rongga sinus. polip akan menyebabkan rongga sinus tidak mendapatkan aliran udara, seperti yang seharusnya, sehingga lendir tidak bisa mengering serta keluar dari rongga ini. Kondisi seperti inilah yang kemudian akan menyebabkan pada bagian rongga sinus. Bahkan jika tidak segera mendapatkan perawatan, maka akan dapat menyebabkan sakit kepala yang parah.

Terimkasih telah berkunjung
Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaa bagi anda,
Dan senantiasa menjaga kesehatannya,
Ibarat kata orang bijak bahwa sehat itu mahal,
Untuk itulah kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita
dari berbagai ancaman kesehatan yang dapat menyerang tubuh,

0 comments:

Post a Comment

 

Artikel Kesehatan © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor